Site Overlay

CITRA VISUAL PADA SAMPUL BUKU FOTO – “GODDES OF PANTURA”

CITRA VISUAL PADA SAMPUL BUKU

“GODDES OF PANTURA”

Oleh:

Siti Desintha

Ayuningtias Ramadhani

  • ABSTRAK

Kehidupan musik dangdut di pantai utara Jawa karya Arum Tresnaningtyas tertuang dalam buku fotografi berjudul Goddes of pantura Sampul berfungsi sebagai  pemberi citra utama yang sangat menarik sebagai sebuah representasi dari isinya. Menggunakan material dan warna tertentu untuk menyampaikan pesan komunikasinya. Adapun prinsip berfikir  desain secara pragmatik difokuskan untuk membangkitkan kepekaan akan sebuah proses berupa  teknis, material, dan media. Tentang sebuah proses mendesain,  penyampaian sebuah pesan komunikasi dan persepsinya. Penelitan ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Morris.  Kata Kunci: Sampul, Goddes of Pantura, Pragmatik

  • Latar Belakang Masalah

Sampul adalah bagian terluar buku, berfungsi sebagai bagian pertama yang memberikan informasi dan citra dari isinya (Anatomi Buku,Iyan WB,2007:76) . Buku Goddes of Pantura menggunakan eksperimental material dan desain yang tidak biasa untuk memberikan citra yang sangat kuat pada bagian isinya. Melalui desain pada sampul, buku ini mampu menunjukan sebuah issue yang diangkat sehingga terwakilkan dengan lugas.

Buku Goddes of Pantura karya Arum Tresnaningtyas yang membahas mengenai kehidupan musik dangdut di pantai utara Jawa yang secara spesifik juga membahas biduan dan kelompok pemain musik pada genre tersebut. Bagian sampulnya yang diterjemahkan dan dirangkum melalui warna serta media tertentu sehingga  dapat mencerminkan serta memberikan citra dari pembahasan isinya.

  • Cover Buku

Sampul sebagai jaket merupakan bagian terluar buku yang memiliki fungsi untuk menginformasikan dan memikat pembaca. Harus dirancang secara menarik agar dapat menonjol dibandingkan buku sejenisnya. (Anatomi Buku, Iyan Wb, 2007 : 76 )

  • Semiotika Morris

Semiotika sebagai tanda yang memiliki arti pada sebuah desain juga bermaksud agar implementasi sebuah bentuk atau warna tertentu tidaklah diimplementasikan dengan sembarang, melainkan melalui tanda yang dihubungkan dengan arti yang dimaksud untuk menyampaikan sebuah pesannya. ( Safanayong, 2006:48) Semiotika  Morris terdiri dari 3 dimensi yaitu Sintaktik (keseragaman,hubungan unsur-unsur, Semantik (berkenaan dengan makna arti suatu citra visual) dan Pragmatik.

  • ASPEK PRAGMATIK

Aspek Pragmatik pada komunikasi visual membahas mengenai sign dan hubungannya terhadap penterjemah, dalam hal ini merupakan aspek-aspek yang berhubungan dengan teknis dan praktik, ukuran, material yang digunakan, penggunaan warna dengan mempertimbangkan kegunaan dan pesannya, juga berpengaruh terhadap kemudahan, kenyamanan dan keamanan  proses komunikasi visual. (Safanayong,2006:48 )

  • Cetak Saring

Sebuah teknik atau cara mencetak dengan proses menekan tinta melalui celah-celah sempit yang teratur pada sebuah silk screen  sebagai acuan cetaknya. Teknik cetak saring digunakan untuk permukaan yang cenderung tidak teratur seperti t-shirt, bungkus kemasan plastik, botol, gelas, alumunium dsb (Dameria, 2008:42).

  • Kemasan Lentur

Digunakan sebagai bahan untuk melindungi isi agar mudah dikemas & lebih tahan lama. Fungsi lainnya yaitu sebagai sarana dan media promosi serta informasi agar isinya dapat dengan mudah dikenali, diketahui fungsinya, dan memiliki keunggulan membedakan sebuah produknya dengan produk lainnya (Dameria, 2008:46).

  • Binding

Merupakan teknik menjilid dengan menggunakan benang yang dijahit pada bagian samping buku (Dameria, 2012:55). Teknik binding memberikan kesan estetis tertentu pada sebuah buku selain pada tujuan utamanya yaitu untuk memperkuat jilid buku.

  • Buku ‘Goddes Of Pantura”

Buku fotografi Goddes of Pantura karya Arum Tresnaningtyas berisikan tentang potret kehidupan genre musik dangdut yang berkembang di pantai utara Jawa. Menyajikan berbagai kisah yang terjadi mengenai gemerlap hiburan musik dangdut. Buku tersebut memberikan pandangan nyata mengenai apa yang terjadi pada perkembangan musik dangdut di pantai utara Jawa.

  • Wawancara

Arum memutuskan untuk membuat format terbaru berupa buku ukuran 28x40cm dengan cover polyfilm berwarna merah muda yang sangat memiliki ciri khas. Menurutnya, cover tersebut dirancang agar dapat mewakili citra dangdut pantura yang glamour dan dinamis. Hal itu bertujuan agar kelak pembaca buku tersebut dapat menikmati rangkaian cerita yang disajikan. Serta  merasakan bagaimana cerita tersebut dapat secara langsung sampai kepada pembacanya.

  • Analisis Material Bahan Cover Buku

Material        : Polyfilm

Sifat               : Elastis, lentur / tidak kaku

Ketebalan     : +/- 2mm

Karakteristik : Transparan, tidak mudah rapuh

Kelebihan dari pemilihan material tersebut membuat buku lebih mudah untuk digenggam dan tetap melindungi bagian isi buku.

  • Analisis Warna Cover Buku

Warna          : Merah Muda (warna dasar pada polyfilm)

Sifat               : Feminim, romantis, mesra

Warna tersebut memberikan identitas yang cukup kuat bagi buku Goddes of Pantura. Serta mempersepsikan sebuah hal yang sentimentil, menggairahkan atau memberi semangat karena warna tersebut merupakan warna yang cukup cerah.

  • Analisis Material Judul Cover Buku

Material : Glitter  (cetak timbul)

Warna       : Emas

Sifat           : Glamor, ramai, gairah

Hasil cetak yang dihasilkan dengan material glitter akan menciptakan kesan glamor serta membangkitkan suasana yang penuh gemerlap dan kemewahan.

  • Analisis Teknik Cetak Judul Cover Buku

Teknik Cetak   : Saring / Sablon

Menyesuaikan teknik dengan material polyfilm dengan membubuhkan tinta pada silk screen sehingga hasil cetak akan menempel dan menyatu dengan material cover.Penggunaan teknik tersebut juga bertujuan untuk mempertahankan kualitas warna dan ketahanan cetak pada bagian judul buku tersebut.

  • Analisis Warna Judul Cover Buku

Warna Judul Buku   : Kuning

Kesan             : Keselarasan, komposisi, estetis

Penggunaan warna kuning juga dapat menyampaikan citra kesenangan, kecerian juga sebuah energi yang besar, tetapi disisi lain warna kuning juga menyampaikan sebuah tanda kesedihan dan sebuah tanda hati-hati. Citra tersebut dapat tersampaikan tergantung pada persepsi dan konteks makna bagi pembacanya

  • Analisis Binding Buku

Teknik Jilid : Binding

Material     : Benang Karet (warna kuning)

Sifat            : Elastis

Teknik binding buku tersebut dengan cara menjahit satu kali secara langsung mengikat bagian tengah isi buku dan kemudian diikatkan  pada ujung kedua buku, teknik binding yang digunakan tidak seperti binding jahit pada biasanya, sehingga memberikan citra yang lebih dinamis dan lebih bebas pergerakannnya ketika halaman buku dibuka.

Aspek Pragmatik  Desain & Tampilan  Penyampaian Pesan  
Material Buku  material berjenis polyfilm berupa jenis material kemasan lentur yang memiliki sifat bahan elastis dan tidak kaku  Dengan menggunakan material tersebut citra dan pesan menyampaikan karakteristik pembahasan materi isi buku yang sangat dinamis, lentur bersifat menyesuaikan pada semua kalangan yang membahas biduan dangdut pantai utara Jawa  
Warna Sampul Buku  menggunakan warna merah muda, sampul buku Goddes of Pantura memiliki visual yang cukup kontras  Penyampaian warna merah muda untuk memberikan kesan bersifat romantis atau menyampaikan citra bersifat mesra. Penyesuaian isi buku yang membahas gemerlap orkes dangdut pantura direpresentasikan dengan warna merah muda yang cukup mencolok  
  • Analisis Aspek Pragmatik
Aspek Pragmatik  Desain & Tampilan  Penyampaian Pesan  
Material Judul Cover Buku  Judul buku menggunakan material khusus berupa gliter berwarna emas yang dibubuhkan pada proses cetak .  Penggunaan gliter pada judul buku, untuk memperkuat identitas pembahasan buku yang membahas genre musik dandung pantai utara Jawa untuk memperkuat citra glamor, hiburan yang cukup gemerlap dan gemilang.  
Teknik Cetak Judul Cover Bukuteknik cetak saring atau sablon dengan membubuhkan tinta pada silk screen  untuk diletakan pada permukaan material berjenis polyfilmTeknik ini merepresentasikan kekuatan dan keyakinan akan pesan moral dari aspek pembahasan buku tersebut  
  • Analisis Aspek Pragmatik
Aspek Pragmatik  Desain & Tampilan  Penyampaian Pesan  
Warna Judul Cover Buku  warna kuning sebagai judul buku Goddes of Pantura, dipadukan dan disesuaikan dengan penyampaian citra pesannya  Warna kuning merupakan citra kesenangan, keceriaan juga sebuah energi yang besar dari sebuah pembahasan mengenai gemerlapnya hiburan orkes dan biduan dangdut di pantai utara Jawa, tetapi citra tersebut juga beriringan dengan interpresentasi warna kuning sebagai sebuah tanda kegetiran dari biduan-biduan dan perkembangan genre musik tersebut, sehingga penyampaian pesan-pesan dari buku tersebut direpresentasikan dengan digunakannya warna kuning sebagai warna judul pada sampul buku.  
Binding Buku  teknik jilid berupa binding buku menggunakan benang karet elastis berwarna kuning  Binding yang terlihat jelas dan menghasilkan proses membuka halaman yang cukup leluasa bertujuan untuk menyampaikan pesan serta citra mengenai pembahasan musik dangdut yang sangat dinamis.  
  • Analisis Aspek Pragmatik

Setelah melakukan pengkajian aspek pragmatik melalui tabel tersebut  telah dijelaskan bahwa melalui teori dan kaitannya secara langsung terimplementasi pada sampul buku Goddes of Pantura  menunjukan bahwa teknis media tertentu yang digunakan melalui sebuah desain tertentu akan sangat memberikan kekuatan citra dari isi buku.

  • Kesimpulan

Buku fotografi merupakan karya seni yang melibatkan waktu yang tidak akan terulang. Adapun kesimpulan akan isi dari buku tersebut dapat terlihat dari sampul. Bahwa dengan memperhitungkan setiap detail material seperti jenis kertas yang digunakan, teknik print, pemilihan warna dan sebagainya. Maka penggarapan hasil akhir harus dilakukan dengan penuh kecermatan dan dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi pembacanya. Diperlukan adanya brainstroming antara seniman (fotografer) dengan pelaku desain yang lain. Buku fotografi Goddes Of Pantura sangat layak untuk dikoleksi karena setiap detail penggerjaannya mengungkapkan citra visual yang sangat kuat.

  • Saran

Dapat dijadikan referensi terutama oleh mahasiswa yang sedang menimba ilmu Desain Grafis. Karena selain pengetahuan secara visual juga  pemahaman akan material bahan sebagai aspek daya tarik secara promosi dan memperkuat pesan yang akan disampaikan

  • DAFTAR PUSTAKA

Dameria, Anne. 2008. Basic Printing. Jakarta: Link & Match GraphiC

Dameria, Anne. 2012. Designer Handbook. Jakarta: Link & Match Graphic.

Safanayong, Yongki. 2006 . Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Intermedia.

Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wb,  Iyan. 2007. Anatomi Buku. Yogyakarta: Penerbit Kalbu

Penulis

Ayuningtias Ramadhani – Freelance graphic – designer ayuningtiasrrr@gmail.com

Siti Desintha – Fotografer – sinta81tata@gmail.com

(Visited 99 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *